JANGAN LAKUKAN KESALAHAN INI SAAT MEMBUAT MEDIA BAGLOG JAMUR

Masih banyak yang mengabaikannya hal ini, padahal sudah mengetahui sebab dan akibatnya jika melanggar aturan ini. Kami merasa perlu memberitahukan hal ini karena prihatin masih banyak ditemukan orang-orang dalam membuat media baglog jamur yang tidak memenuhi standar prosedur baku.


Jangan Lakukan ini Disaat Sedang Membuat Media Baglog Jamur Tiram Putih

Berikut ini merupakan hal-hal yang yang tidak diperbolehkan dalam proses pembuatan media baglog jamur

  • Tidak boleh sambil merokok

  • Tidak boleh mencampur media dengan bahan-bahan yang mengandung minyak atau bahan pedas lainnya.

  • Tidak boleh memakai gypsum (sebagai bahan campuran media), pergunakanlah kapur sebagai bahan pengganti alternatif

  • Tidak boleh sambil mengobrol

  • tidak boleh membawa anak kecil

    Kelihatan sepele tapi berdampak terhadap hasil olahan media tersebut, karena pada saat dikukus selama 8 jam lamanya, akan tetapi bekas abu rokok, minyak dan bahan pedas lainnya akan tetap aktif dan terus mengkontaminasi media baglog tersebut. Kenapa tidak boleh ngobrol? karena jika banyak ngobrol proses pembuatan media tidak akan selesai-selesai yang ada malah lupa mencampur bahan dan kenapa tidak boleh membawa anak kecil? karena anak kecil akan mengganggu proses pembuatan media baglog jamur tiram putih.

    Harap diperhatikan yang sepele itu, sekilas tidak penting tapi bisa membuat efek domino karena hasilnya nanti akan terlihat hitam sebagian lalu baglog tidak bisa menumbuhkan misilia.


    Disini kami tidak menggurui, tapi sudah teruji dengan pengalaman dan riset, kami sediakan wahana ini sebagai ajang sharing informasi agar kelangsungan para kelompok tani tetap konsisten dengan budidayanya. Jika anda ingin menggali ilmu tentang budidaya jamur sangatlah mahal, bahkan bingung mau mencari sumber kemana. Tetapi kami berbagi informasi gratis dengan anda tiada lain hanya ingin berbagi ilmu, pengalaman.

    Semoga hal tersebut di atas bermanfaat bagi anda sekalian, Saran dan komentar membangun sangat kami harapkan demi kelangsungan bloger ini.

    Terima Kasih


0 comments:

Post a Comment