TAHAPAN AWAL BUDIDAYA JAMUR TIRAM PUTIH

Dalam kesempatan ini kami akan menjelaskan/ menerangkan lagi bagaimana tahapan-tahapan dalam melakukan budidaya jamur tiram putih. 

tahap awal budidaya jamur tiram putih

Tahap Awal Budidaya Jamur Tiram Putih
Hal yang harus diperhatikan adalah kesiapan mental kita dalam mengambil keputusan baik personal maupun kelompok, mengapa demikian?karena terjun kedunia budidaya tidaklah mudah, butuh pengorbanan yang tidak sedikit baik materi, tenaga dan fikiran. Ada tahapan-tahapan dasar yang perlu diperhatikan, yaitu: 

1. Menguasai teknik/cara budidaya jamur titam putih 
Bisa belajar dari kelompok lain maupun lewat pelatihan-pelatihan yang di adakan oleh Balai Latihan Kerja (BLK) Kecamatan maupun Kabupaten.

2.Modal Usaha
Jika sudah menguasai teknik/cara melakukan budidaya jamur tiram putih, maka selanjutnya hal utama yang menjadi faktor pendorong budidaya adalah MODAL. Masalah besar kecilnya itu relatif tergantung kebutuhan.

3. Tempat/Kumbung
Hal ini sebagai salah satu pendukung dalam melakukan budidaya jamur tiram putih. Besar kecilnyapun relatif, tapi sebaiknya minimal 15 bata agar tidak terlalu kecil.(Keteranagn mengenai kumbung nanti akan saya kupas tuntas).
 
4.Alat dan Bahan 
Sebagai penunjang kegiatan operasional budidaya, ini juga sangat penting mengingat alat dan bahan selalu digunakan dalam kegiatan budidaya, seperti salahsatunya adalah cangkul, sekop, ember, plastik, karet, ring,dll.

5. Pengukusan sederhana
Alat pengukusan perannya sangat sentral dan krusial, bahkan ada beberapa standarisasi yang dipakai supaya hasil yang dicapai bermutu dan tidak banyak baglog yang gagal.

6. Ruangan Pembibitan
Untuk ruangan/tempat pembibitan bisa di kamar khusus atau juga bisa dibuat dalam box kayu di desain sesuai kebutuhan, hal ini sangat sentral juga mengingat hasil finishing dari pembuatan suatu produk, maka pembibitan harus benar-benar diperatikan.

Hal tersebut di atas harus benar-benar diperhatikan karena jika tidak memiliki hal tersebut di atas sangat mustahil akan terwujud sesuatu yang diharapkan. Jika dirasa kurang faham bisa langsung tanyakan ke PAKARNYA BUDIDAYA JAMUR TIRAM PUTIH via email kami di : mandiri.jamur99@gmail.com 

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga menambah inspiratif bagi para kelompok tani maupun wirausahawan di bidang jamur. Saran dan komentar yang membangun sangat kami harapkan bagi kelangsungan bloger ini.

Wassalam

0 comments:

Post a Comment